Rabu, 05 Februari 2014

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli PlayStation 4

Share it Please
 PlayStation 4 (PS4) akan dirilis dalam waktu dekat, tentunya beberapa dari kalian ada yang sudah punya rencana untuk membeli konsol andalan Sony yang satu ini, atau mungkin kamu masih galau mau beli konsol ini atau tidak. Kalau memang kamu masih belum yakin tentang PS4, then you come to the right place! Di sini kita akan membahas 10 hal penting yang perlu kamu ketahui tentang PS4. Langsung aja yuk kita mulai list-nya:

1. Desain hardware

PS4 memiliki desain yang cukup ramping dan elegan. Perbedaan utama yang bisa dilihat adalah desain casing yang nampak seperti font yang diberi efek italic. Bentuk dari PS4 sendiri dapat dilihat pada gambar di bawah.
Menurut informasi yang diberikan Sony, PS4 akan memiliki dimensi kurang lebih 275 × 53 × 305 mm (lebar × tinggi × panjang) dengan berat kira-kira 2,8 kg.

2. Controller

Sepintas lalu Dualshock 4 (sebutan untuk controller PS4) terlihat mirip seperti controller Playstation-playstation sebelumnya. Namun banyak sekali perubahan yang dilakukan Sony untuk controller yang satu ini.
Seperti yang bisa dilihat di atas, ada beberapa poin penting yang berbeda di Dualshock 4. Poin tersebut antara lain:
- Share button
Dengan maraknya fitur multiplayer dan implementasi social media dalam game, Sony tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk semakin mengedepankan fitur sosial dari PS4. Bagaimana nantinya game-game dapat memaksimalkan fitur ini, kita hanya bisa menunggu.
- Touchpad
Menurut saya ini adalah hal paling menarik dari Dualshock 4. Adanya touchpad betul-betul menambah variasi yang sangat luas tentang bagaimana gamer akan memainkan game mereka nantinya. Hal ini juga semakin memberi kesempatan developer untuk berkreasi dengan game mereka. Dengan touchpad ini Sony telah memberikan gamer kesempatan untuk bermain layaknya memainkan device dengan touch screen, tanpa harus menggosok-gosok layar TV tentunya.
- Analog stick
Satu hal yang terlihat sangat simpel, tapi saya yakin dapat mengubah banyak hal juga. Jika analog stick controller Playstation sebelumnya memiliki ujung seperti kubah, maka Dualshock 4 memberikan sedikit lekukan yang bisa mencegah jari gamer tergelincir saat sedang bermanuver dengan analog stick mereka.
- Lainnya
Beberapa perubahan lain yang perlu diperhatikan antara lain adalah panjang grip untuk tangan yang lebih panjang dari sebelumnya. Selain itu lampu di bagian depan controller juga dapat berubah warna jika digunakan untuk bermain multiplayer atau jika karakter gamer terjebak dalam bahaya di dalam game.
Jack untuk earphone yang ditempatkan pada controller juga semakin memudahkan gamer untuk mendengarkan deruan musik pada game dengan lebih jelas dan personal. Ini merupakan inovasi yang kelihatannya sederhana tetapi sangat berguna.
Selain itu Shuehei Yoshida, presiden dari Sony’s Worldwide Studios, mengkonfirmasikan lewat twitter bahwa Dualshock 4 dapat digunakan untuk bermain game PC.

3. Spesifikasi

Jika berbicara masalah kemampuan hardware, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa spesifikasi hardware yang dimiliki konsol tidak akan dapat mengalahkan teknologi yang ada di PC. Tapi di tahun-tahun awal PS4, kemampuan yang dimiliki konsol ini tidak jauh berbeda dengan kemampuan PC high-end. Perbandingannya bisa dilihat pada video Battlefield 4 di bawah.
Jika diperhatikan, tidak terlalu banyak perbedaan dari segi grafis dan kelancaran bermain. Hal ini tentu merupakan berita bagus bagi kamu yang berminat untuk membeli PS4. Dengan harga yang lebih murah, kamu bisa mendapatkan konsol yang kemampuannya bisa bersaing dengan PC rakitan yang bisa menghabiskan dompet kamu tanpa ampun. Namun perlu diingat, konstannya perkembangan teknologi PC tentu saja akan membuat PS4 ketinggalan dalam waktu 2 atau 3 tahun.
Tapi itu bukanlah masalah yang penting, toh para developer juga akan mengembangkan game mereka dengan konsol sebagai patokannya. Jadi seandainya kamu bukan seorang pecinta grafik yang super duper detail memperhatikan perbedaan sekecil apapun, saya rasa spesifikasi PS4 ini sudah menjadi alasan yang cukup untuk membeli konsol ini. Di bawah adalah tabel spesifikasi PS4 yang yang diumumkan Sony melalui official website mereka.

4. Tidak ada backward-compatibilty

Backward-compatibilty adalah istilah untuk fitur yang mengizinkan sebuah konsol memainkan game dari konsol pendahulunya. Contohnya seperti kemampuan PS2 untuk memainkan game PS1, atau kemampuan PS Vita untuk memainkan game PSP. Sayangnya PS4 tidak akan memiliki fitur yang sangat berharga ini. Sebagai gantinya, Sony menjanjikan pemain dapat memainkan game PS1, PS2, dan PS3 di PS4 melalui layanan cloud-streaming Gaikai. Jika hal ini dapat berjalan lancar tentu saja fitur ini akan sangat hebat, walaupun dengan koneksi internet yang ada di Indonesia sekarang, kelancaran bermain dengan Gaikai adalah sesuatu yang sangat meragukan.

5. Harga

PS4 akan dirilis dengan harga $399 di Amerika Serikat, 399 Euro di Eropa, serta 349 Poundsterling di Inggris. Belum ada kepastian mengenai harga konsol ini di Indonesia, namun sudah diumumkan bahwa PS4 akan dijual dengan harga HK$3380 di Hong Kong dan SGD$639 di Singapura. Jadi seharusnya harga di Indonesia tidak jauh-jauh dari itu (walaupun pajak itu adalah hal membingungkan yang tidak saya mengerti, siap-siap aja ya pembaca sekalian).

6. Tanggal rilis

PS4 akan dirilis pada 15 November di Amerika Serikat, 29 November di Eropa, dan Februari untuk Jepang  yang merupakan negara asal Sony sendiri. Belum ada kepastian mengenai tanggal rilis di Indonesia, tapi pada pertengahan Desember PS4 akan dirilis di 5 daerah di Asia. Daerah tersebut antara lain adalah Hong Kong (17 Desember), Taiwan, Korea Selatan, Singapore (19 Desember), dan Malaysia. So, kalau kamu tidak sabar untuk mencoba PS4, sudah bisa coba beli dari negara-negara yang bersangkutan pada waktunya nanti.

7. The Games

Buat apa beli konsol kalau tidak untuk main game bukan. Sony sudah menjanjikan beberapa judul game AAA maupun indie yang akan dirilis di PS4. Kebanyakan judul yang sudah dikonfirmasi adalah port dari konsol generasi sebelumnya atau dari PC. Meskipun begitu Sony sudah menyiapkan beberapa judul eksklusif yang menjanjikan seperti Knack, Infamous: Second Son, Killzone: Shadow Fall, Driveclub, dan The Order: 1886.

8. Services

Seperti yang sudah diimplementasikan di PSP, PS Vita, dan PS3, fitur online dari PS4 dapat diakses melalui layanan Playstation Network (PSN). Seperti sebelumnya, Sony menyediakan paket berlangganan Playstation Plus (PS Plus). Jika sebelumnya PS Plus hanya diperlukan untuk game gratis tiap bulannya atau untuk diskon-diskon yang lebih besar, maka pada PS4 PS Plus akan diwajibkan jika gamer ingin bermain multiplayer online.
Selain itu akan ada juga Playstation App yang dapat di-install untuk iPhone, iPad, atau device Android. Playstation App akan berfungsi sebagai tempat user mengatur atau sekedar melihat akun PSN mereka. Dengan menggunakan Playstation App, gamer dapat membeli game dari device mereka, dan menyuruh PS4 mereka di rumah untuk mendownload game tersebut, meskipun PS4 ditinggal dalam keadaan stand-by. Selain itu melalui Playstation App, gamer juga dapat menonton teman di PSN mereka yang sedang bermain game di konsolnya masing-masing.
Selain dua hal tersebut, Sony juga sudah mendemokan bagaimana tampilan menu PS4 nantinya melalui video di bawah ini.

9. Remote Play

This is it! Menurut saya ini adalah fitur paling fenomenal untuk PS4. Jika Nintendo membanggakan kemampuan Wii U yang dapat dimainkan dimana saja dalam rumah dengan controller tabletnya itu, maka ini adalah jawaban Sony kepada Nintendo. PS4 dapat melakukan apa yang Wii U lakukan, hanya saja hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan….wait for it….. Playstation Vita! Yes, betul-betul strategi jenius dari Sony untuk menjual dua hardware milik mereka ini. Meskipun tanpa fitur ini menurut saya PS4 dan PS Vita sama-sama layak untuk dibeli, tapi fitur-fitur ini jelas meningkatkan nilai yang bisa gamer dapatkan dari dua hardware tersebut.
Dengan fitur ini, kamu dapat memainkan game PS4 kamu tanpa harus berada di depan TV. Sejauh ini yang diketahui adalah fitur ini dapat berjalan jika kedua hardware terhubung ke Wi-fi yang sama. So, kamu tidak perlu khawatir harus meninggalkan game kamu saat kamu perlu mampir ke toilet ya.

10. Others

Oke, saya mengaku salah, memang curang membuat sebuah kategori berjudul “Others” dalam sebuah artikel yang jelas-jelasan berjudul “10 hal yang perlu kamu ketahui tentang Playstation 4”. Tapi apa boleh buat, saya terlalu excited dalam membahas konsol ini sampai lupa batasan. Jadi langsung saja, di bawah saya telah mengumpulkan beberapa fakta minor menarik tentang PS4:

0 komentar:

Posting Komentar